Abstrak Upaya Peningkatan Nilai Produk Ikan Sidat melalui Partisipasi Masyarakat
Chapter 2020 with 137 download times
Authors
,Dina Muthmainah,Ni Komang Suryati,Yenni Sri Mulyani,
Ikan sidat merupakan makanan yang popular dan termasuk makanan yang mewah, namun informasi mengenai pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai ikan sidat masih sangat terbatas. Studi ini menggunakan partisipasi publik dalam menjawab pertanyaan yang diajukan melalui kuesioner. Kuesioner disebar dengan memanfaatkan teknologi digital, yaitu platform aplikasi media sosial whatsapp. Responden yang dituju berusia 16 – 65 tahun dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pengumpulan data dilakukan selama 3 hari pada bulan Juli 2020. Kuesioner dibagi menjadi 9 pertanyaan yang terdiri dari 4 pertanyaan umum mengenai responden dan ada 5 pertanyaan mengenai pengetahuan responden terhadap ikan sidat. Data yang dikumpulkan kemudian dikelompokkan berdasarkan provinsi domisili responden dan kelas umur. Data ditampilkan dalam bentuk tabulasi dan deskripsi. Respon dipilih dari jawaban yang lengkap dan didapatkan 1.100 responden. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia banyak yang telah mengenal ikan sidat dan mengetahui nilai gizi yang tinggi, namun ketertarikan untuk mengkonsumsinya cukup rendah karena terpengaruh oleh bentuk ikan. Untuk itu usaha peningkatan pengolahan menjadi produk makanan akan memudahkan pemasaran. Diharapkan produk ikan sidat tersebut akan meningkatkan nilai jual dan kesukaan untuk mengkonsumsinya.
Kata kunci: ikan sidat, nilai tambah produk, konsumsi