Jam layanan: 07:30-15.00 (Senin-Kamis) dan 7:30-15:30 (Jumat)
  • Home
  • Kegiatan Pendampingan Transfer Teknologi Produk Inovasi Kelautan Dan Perikanan Pada Tenant Inbis Ivapro Kelautan Dan Perikanan Tahun 2022

Kegiatan Pendampingan Transfer Teknologi Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan Pada Tenant Inbis Ivapro Kelautan dan Perikanan tahun 2022

Penyuluh Perikanan Satminkal BRPPUPP wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung bersama tim dari Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3K) Jakarta melakukan kegiatan pendampingan transfer teknologi produk inovasi KP untuk tenant Inbis Ivapro KP tahun 2022 pada UKM Fatih Kuliner Tubaba.

Diketahui, ikan gabus memiliki kandungan protein, mineral dan zat gizi lainya yang baik bagi pertumbuhan dan regenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh manusia. Ikan gabus merupakan komoditas perikanan lokal yang banyak ditangkap oleh para nelayan di Kabupaten Tulang Bawang Barat di sungai dan rawa.

Hal inilah yang menjadi dasar pertimbangan pengembangkan produk olahan berbahan ikan gabus. Inovasi produk dilakukan dengan melakukan ekstrak daging gabus untuk diambil albuminnya, membuat bakso dan surimi.

Keseruan praktek inovasi produk ini semakin bertambah dengan hadirnya  Kepala BBP3KP Jakarta yaitu Dr. Trisna Ningsing, A.Pi, M.Si. beserta rombongan Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan dan disambut oleh Rasman Muliadi selaku Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Disisi lain, Penyuluh Perikanan mengambil peran dalam memberikan penjelasan terkait produk olahan yang telah diproduksi oleh UKM Fatih Kuliner Tubaba kepada tamu yang berkunjung. 

Kepala BBP3KP menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada UKM Fatih Kuliner Tubaba atas pembuatan produk olahan berbahan baku ikan lokal. Dukungan dalam meningkatkan kualitas UPI melalui fasilitasi sertifikasi kelaikan produksi, peningkatan kapasitas produksi, dan peningkatan inovasi produk perikanan demi peningkatan kesejahteraan pelaku utama perikanan juga turut menjadi perhatian (01/09/2022).

 

 

Sumber : Winarto Santosa, S.Pi. (Penyuluh Perikanan Satminkal BRPPUPP wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung)

Admin : Suwinda Pratama, S.St.Pi

Editor : Rully Ismanto, S.Si