Jam layanan: 07:30-15.00 (Senin-Kamis) dan 7:30-15:30 (Jumat)
  • Home
  • Brppupp Ramaikan Peringatan Hari Koperasi Nasional Dan Bulan Bakti Pancasila Melalui Kegiatan Bazar Dan Donor Darah

BRPPUPP Ramaikan Peringatan Hari Koperasi Nasional dan Bulan Bakti Pancasila Melalui Kegiatan Bazar dan Donor Darah

Diapit dua hari besar menggugah BRPPUPP untuk meramaikan peringatan Hari Koperasi Nasional (diperingati setiap tanggal 12 Juli) dan Bulan Bakti Pancasila (diperingati setiap tanggal 14 Juni).

Bazar Produk Perikanan
Pada tanggal 1 Juli 2022, BRPPUPP menyelenggarakan kegiatan Bazar Produk Perikanan dengan menghadirkan 14 UMKM binaan Penyuluh Perikanan Satminkal BRPPUPP Palembang. Adapun UMKM yang hadir mewakili empat daerah binaan yaitu Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Banyuasin.

Pelaksanaan Bazar menjadi salah satu upaya dan strategi pemasaran bagi produk perikanan UMKM. Dijajakan berbagai olahan beku, abon ikan, eggroll, kemplang dan kerupuk, bekasam, tekwan serta pempek sebagai makanan favorit warga Sumatera Selatan.

Kepala BRPPUPP yaitu Zulkarnaen Fahmi, S.Pi., M.Si turut menggaungkan untuk senantiasa mengonsumsi ikan. Sebagai pangan berprotein tinggi dan mengandung Omega-3, ikan sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting, terutama untuk meningkatkan kecerdasan.

Mengingat pentingnya makan ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan ketat mengkampanyekan makan ikan agar ikan menjadi pangan sehari-hari. Harapannya akan lahir generasi masyarakat Indonesia yang sehat, tangguh, cerdas dan kuat.

Bazar diselenggarakan di depan lobi kantor BRPPUPP yang berada di Jl. Gubernur H.A Bastari, Jakabaring – Kota Palembang dan dibuka oleh Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP), Dr. I Nyoman Radiarta. Beliau memberikan apresiasi positif terhadap upaya BRPPUPP bersinergi dengan Penyuluh Perikanan dalam mendukung program anti stunting melalui pelaksanaan Bazar ini.

Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat mudah diperoleh dan juga terjangkau untuk semua kalangan. Mari bersama cegah stunting dengan makan ikan.

Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Sosial
Selain pelaksanaan Bazar, BRPPUPP turut laksanakan kegiatan donor darah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu unit transfusi darah yakni Palang Merah Indonesia (PMI). Melalui kegiatan donor darah, diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian sosial dalam hal berbagi dan membantu sesama.

Terdapat puluhan staf BRPPUPP dan masyarakat sekitar/pengunjung Bazar yang berpartisipasi. 

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka Hari Donor Darah Internasional. Pihak PMI mengaku sangat terbantu dengan aksi sosial yang diselenggarakan BRPPUPP, kantong darah yang terkumpul dapat menyokong ketersediaan kantong darah di Kota Palembang.

Setelah pembukaan Bazar, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP), Dr. I Nyoman Radiarta berkesempatan melakukan cek kesehatan gratis dan memantau jalannya pelaksanaan donor darah.

Kemudian, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dan rombongan bergerak menuju ke Instalasi Perikanan Rawa BRPPUPP yang berada di Desa Patra Tani, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

 

Naskah dan Admin : Suwinda Pratama, S.St.Pi

Kontributor : Ruby Vidya Mandala Putri S.Sos

Editor : Rully Ismanto, S.Si