Jam layanan: 07:30-15.00 (Senin-Kamis) dan 7:30-15:30 (Jumat)
  • Home
  • 30 Nelayan Kampung Nelayan Maju Desa Suak Gual Ikuti Kegiatan Pelayanan Mesin

30 Nelayan Kampung Nelayan Maju Desa Suak Gual Ikuti Kegiatan Pelayanan Mesin

Pembangunan kampung perikanan yang terdiri dari kampung nelayan maju (Kalaju) dan kampung perikanan budidaya merupakan salah satu program prioritas akselerasi tahun 2022 yang digaungkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Pembangunan kampung tersebut bertujuan untuk memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat dan mendorong pembangunan di berbagai daerah.

Desa Suak Gual merupakan salah satu kampung nelayan maju yang berada di Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Adapun penetapan Kampung Nelayan Maju Desa Suak Gual bertujuan untuk mengubah wajah kampung nelayan di Indonesia menjadi kampung yang bersih, sehat dan nyaman sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup serta perekonomian masyarakat pesisir.

Berdasarkan Belitung Satu Data, Kecamatan Selat Nasik tahun 2021 memiliki penduduk sebanyak 5.974 jiwa. Karena wilayah Kecamatan Selat Nasik merupakan daerah kepulauan, maka sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan (18,1%). Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku utama kelautan dan perikanan dalam hal ini nelayan, merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembangunan kampung perikanan itu sendiri. Pada tanggal 15 Juni 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Kapal Perikanan Dan Alat Penangkapan Ikan telah melaksanakan kegiatan “Pelayanan Permesinan Kapal Perikanan” untuk nelayan Kampung Nelayan Maju Desa Suak Gual.

Ani Saputra, S.Pi selaku Penyuluh Perikanan Satminkal BRPPUPP wilayah setempat bergerak aktif dalam menyeleksi 130 kelompok nelayan binaannya agar dapat mengikuti acara tersebut. Dengan beberapa pertimbangan dan tanpa membeda-bedakan, sebanyak 30 nelayan yang terdiri atas dua orang perwakilan dari masing-masing kelompok hadir pada acara dan kemudian diminta menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada anggota kelompok lainnya.

Pelaksanaan kegiatan Pelayanan Permesinan Kapal Perikanan yang dilaksanakan selama satu hari ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan nelayan terkait cara memperbaiki mesin kapal secara mandiri. Nelayan diberikan materi dan cara praktek pembongkaran mesin hingga perbaikan mesin kapal.

Diakhir acara, nelayan yang hadir diberikan bantuan oli mesin oleh Firdaus Zamri, S.Pi selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung dan disaksikan oleh perwakilan Direktorat Kapal Perikanan Dan Alat Penangkapan Ikan yaitu Khoililah.

 

Sumber : Ani Saputra, S.Pi

Admin dan naskah : Suwinda Pratama, S.St.Pi

Editor : Rully Ismanto, S.Si