Jam layanan: 07:30-13.30 (Senin-Kamis) dan 7:30-14:00 (Jumat)
  • Home
  • Inisiasi Kerja Sama Antara Brppupp Dan Brgm

INISIASI KERJA SAMA ANTARA BRPPUPP DAN BRGM

     Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia adalah lembaga non-struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, yang dibentuk melalui Peraturan Presiden No. 120 Tahun 2020 tentang Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. BRGM bertugas memfasilitasi percepatan pelaksanaan restorasi gambut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada areal restorasi gambut serta melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove di provinsi yang menjadi target.

Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang, melalui program SPEECTRA (Special Area for Conservation and Fish Refugia), akan melakukan penelitian terhadap opsi pengelolaan perikanan pada lahan gambut. Pada 16 Maret 2021, Kepala BRPPUPP Dr. Arif Wibowo, S.P., M.Si. dan Sub Koordinator Tata Operasional Rezki Antoni S., S.Kel. melakukan pertemuan dengan BRGM untuk menginisiasi rencana kerja sama tersebut.

Mengawali Pertemuan, Kepala BRPPUPP menyampaikan beberapa hal terkait dengan profil balai serta beberapa manfaat SPEECTRA, dimana :

  • SPEECTRA menjadi tempat pengungsian ikan
  • SPEECTRA bermanfaat untuk konservasi GenBank plasma nutfah ikan lokal sumsel
  • SPEECTRA menjadi “pabrik” penghasil ikan lokal sebagai sumber makanan anti stunting
  • SPEECTRA menjadi Media untuk menghasilkan State of The Art penelitian ikan rawa banjiran di habitat aslinya
  • SPEECTRA untuk mitigasi kebakaran hutan
  • SPEECTRA untuk mempromosikan ikan rawa dan perairan rawa banjiran

Sementara itu, dari BRGM hadir dalam pertemuan Dr. Budi S. Wardhana (Deputi Perencanaan dan Kerja Sama BRGM), Nugroho S. Priyono dan Sari. Dalam penyampaiannya Dr. Budi S. Wardhana memaparkan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan lahan gambut, yaitu pengelolaan lahan gambut berbasis kepada 3R : Rewetting (menjaga ketersediaan air), Revegetation (penanaman tumbuhan yang cocok), Revitalization of local livelihoods (pembuatan konsep untuk menyejahterakan masyarakat sekitar). Lahan gambut merupakan salah satu ekosistem yang bisa menyerap karbon, dimana saat ini Pemerintah Indonesia sedang membuat regulasi mengenai perdagangan karbon (Carbon Trade) yang nantinya diharapkan dapat membantu pendanaan dalam kegiatan pengelolaan wilayah gambut di beberapa lokasi di Indonesia.

Dari pertemuan ini diharapkan akan terciptanya kolaborasi antara BRPPUPP dan BRGM dalam pengelolaan wilayah gambut. BRGM akan menginventarisir lahan gambut yang akan dimanfaatkan dan BRPPUPP akan terlibat dalam penentuan jenis ikan yang cocok untuk dikembangkan, sehingga genangan yang ada di lahan gambut dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.