Jam layanan: 07:30-13.30 (Senin-Kamis) dan 7:30-14:00 (Jumat)
  • Home
  • Pranata Humas Merupakan Garda Terdepan Bagi Sebuah Institusi

Pranata Humas Merupakan Garda Terdepan Bagi Sebuah Institusi

Pelayanan informasi dan Kehumasan merupakan bagian penting dari diseminasi informasi dalam bingkai pengaturan keleluasaan memperoleh informasi publik. Pemerintah berkewajiban menyampaikan informasi kepada publik untuk mendapatkan kepercayaan, komitmen dan partisipasi yang lebih luas. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia berkualitas yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam menjalankan pelayanan informasi dan menyelenggarakan fungsi kehumasan secara proporsional dan profesional.

Dalam rangka meningkatkan peranan aparat pemerintah di bidang pelayanan informasi dan kehumasan, telah diterbitkan peraturan mengenai sistem karier yang berorientasi pada pengembangan profesionalitas melalui Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014, tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat (Pranata Humas) dan Angka Kreditnya. Berdasarkan surat pemanggilan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Nomor B-88/BLSDM.5/DL.02.05/02/2021 tanggal 22 Februari 2021, Pranata Humas BRPPUPP Palembang yaitu Suwinda Pratama, S.St.Pi mengikuti Diklat Pelatihan Jabatan Fungsional Pranata Humas (Pelatihan JFPH) Tingkat Keahlian selama 30 hari pada tanggal 8 Maret s.d 6 April 2021 secara virtual.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan merupakan pelatihan pembentukan bagi calon pejabat fungsional Pranata Hubungan Masyarakat agar terwujudnya pejabat fungsional Pranata Hubungan Masyarakat yang profesional dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya.

Metode Pelatihan JFPH Tingkat Keahlian diselenggarakan dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) Pusdiklat kementerian Kominfo dengan menerapkan alternatif kegiatan pembelajaran seperti Self Study, Virtual Classroom, Content Development serta Group Discussion.

Pelatihan JFPH Tingkat Keahlian Angkatan II Tahun 2021 setidaknya diikuti oleh 21 peserta dari berbagai instansi meliputi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Sekretariat Daerah Provinsi/Kabupaten, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persediaan Kabupaten/Kota, serta Pemerintah Kota.

Hadir dalam pembukaan pelatihan yaitu Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika Bapak Usuluddin, SH., MM, beliau menyampaikan arahannya terkait peran dari Pranata Humas itu sendiri. "Pranata Humas adalah garda terdepan bagi sebuah institusi. Pranata Humas harus memiliki strategi dalam menghadapi era teknologi informasi komunikasi (TIK). Maka, jadilah SDM yang unggul, kreatif, dan inovatif dalam bekerja." ungkap nya.

 

Admin : Suwinda Pratama