Jam layanan: 07:30-13.30 (Senin-Kamis) dan 7:30-14:00 (Jumat)
  • Home
  • Brppupp Gandeng Pt.pertamina Lestarikan Ikan Belida Di Sumatera Selatan

BRPPUPP Gandeng PT.Pertamina Lestarikan Ikan Belida di Sumatera Selatan

Belida, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 7 tahun 1999 tentang jenis ikan yang dilindungi serta berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No.1 tahun 2021 menjadi salah satu dari 19 jenis ikan dilindungi penuh. Ikan ekonomis penting ini mengalami terancam punah akibat tekanan tangkapan yang tinggi serta rusaknya habitat.

Pada tahun 2020 BRPPUPP serta PT.Pertamina melalui mekanisme CSR/Bina Lingkungan menjalankan program "SELASIH" dengan akronim Selamatkan Belida dan Ikan Lokal untuk SUMSEL Mandiri Sejahtera sebagai bentuk upaya melestarikan ikan belida yang menjadi ikonik kota Palembang.

Pada Jumat, 5 Maret 2021, dilakukan rapat koordinasi untuk menindaklanjuti keberhasilan program SELASIH yang telah berhasil mengembangbiakan ikan belida tersebut. Terdapat berbagai sasaran output yang menjadi pembahasan. Ibu Siti Rachmi Indahsari selaku Manager Comm, Rel, dan CSR RU III PT.Pertamina mengharapkan kerjasama dengan BRPPUPP ini dapat berlanjut dan berkesinambungan sehingga program ini berhasil dan menghadirkan kembali belida lestari di alam.

Dalam penyampaiannya, Bapak Dr. Arif Wibowo mengapresiasi kepada Tim SELASIH yang diketuai Peneliti Ike Trismawanti, S.St.Pi serta mengapresiasi PT.Pertamina atas perhatian istimewa dalam pengembangan dan kelestarian ikan belida. Kedepannya pemberdayaan masyarakat akan dibantu penyuluh perikanan dan berharap dapat diaplikasikan kepada masyarakat.

 

Melalui program SELASIH, terdapat tiga komoditas ikan yang di domestikasi yaitu Ikan Belida (Chitala lopis), Baung (Hemibagrus nemurus) dan Tembakang (Heletoma temminckii) yang dikembangbiakan di Instalasi BRPPUPP yang berada di Mariana, Kabupaten Banyuasin. Pada awal tahun 2021 terdapat 100 benih ikan belida, 4000 benih ikan tembakang, dan 300 benih ikan baung yang berhasil dikembangbiakan. Sebelumnya pada tahun 2020 telah dilakukan pelepasliaran ikan tembakang bersama Bapak Menteri KP, Gubernur Sumatera Selatan, Walikota Palembang, Anggota DPR Komisi IV serta pejabat lainnya. Pelatihan telah dilakukan perdana kepada masyarakat pada akhir tahun 2020. 

Admin : Suwinda Pratama