Jam layanan: 08:00-14.00 (Senin-Kamis) dan 08:00-14:00 (Jumat)
  • Home
  • Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Monitoring – Evaluasi Pusat Unggulan Iptek Tahun 2019 Dan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019

Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Monitoring – Evaluasi Pusat Unggulan Iptek Tahun 2019 dan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019

Pelaksanaan Koordinasi Persiapan Monitoring – Evaluasi Pusat Unggulan Iptek Tahun 2019 dan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019 telah dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2019 di Gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta. Adapun tujuan penyelenggaraan acara yaitu penjelasan instrumen pembinaan kelembagaan PUI, khususnya mekanisme Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pusat Unggulan Iptek Tahun 2019 serta penguatan jejaring kelembagaan Lembaga Litbang Unggul PUI dalam upaya menguatkan produktivitas litbang.

Peserta Rapat Koordinasi terdiri atas Lembaga PUI Tahun 2019 sebanyak 109 Lembaga PUI Litbang dan 28 Lembaga PUI Perguruan Tinggi; Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti; Tim Pelaksana Program pada Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi; Tim Pelaksana PUI Ristekdikti; Tim Sekretariat PUI Ristekdikti; serta Tim Sekretariat KNAPPP. Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Ainun Na’im, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, Direktur Lembaga Litbang Kemal Prihatman, serta Tim Pakar Pusat Unggulan Iptek.

Agenda pelaksanaan terbagi menjadi dua sesi. Pelaksanaan sesi pertama dibuka oleh Ibu Lelya Nirsa, S.SOS., M.HUM. selaku Kasubdit Lemlitbang Pemerintah Pusat. Dalam paparannya, Ibu Lelya Nirsa dan Bapak Aswin mengingatkan terkait 27 Indikator Kinerja Pusat Unggulan Iptek meliputi Sourcing Absorptive Capacity, Research and Development Capacity, Disseminating Capacity, pelaksanaan monev, pelaporan keuangan. Dalam kesempatan yang sama Bapak Yudho Baskoro pun memberikan motivasi terkait menuju lembaga unggul.

Pada sesi kedua, dibuka oleh Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Bapak Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.EngSc. Dalam sambutannya beliau mengatakan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019 yang dimaksudkan untuk memperkuat sinergi dan koordinasi antara lembaga litbang dengan lembaga litbang lainnya serta instansi pendukung litbang bertujuan meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar instansi litbang dan instansi pendukung litbang dan meningkatkan fokus arah lembaga litbang terkait rencana dan arah tindak lanjut kedepannya.

Selanjutnya Bapak Menteri Ristekdikti Bapak Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., AK  memberikan arahan bahwa riset harus bisa dihilirisasi secara langsung ke industri atau difasilitasi ke industri melalui mediasi pemerintah. Selain itu, penelitinya pun tidak boleh cukup hanya meneliti di dasarnya saja, tetapi harus ditingkatkan pada riset terapan atau riset pengembangan agar kedepannya riset dapat menambah jumlah inovasi kita yang masih sangat kecil. Dalam kesempatan terakhir, Bapak Kemal Prihatna selaku Direktur Lemlitbang Kemenristekdikti menjelaskan terkait Open Innovation Information System yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.