Jam layanan: 08:00-14.00 (Senin-Kamis) dan 08:00-14:00 (Jumat)
  • Home
  • Rakorluh Kp Wilayah Barat Regional Sumatera Tahun 2019, Tuntut Penyuluh Perikanan Berperan Aktif

Rakorluh KP Wilayah Barat Regional Sumatera Tahun 2019, Tuntut Penyuluh Perikanan Berperan Aktif

Pada tanggal 17-18 September 2019 BRPPUPP Palembang mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Penyuluhan KP (Rakorluh KP). Adapun Rakorluh KP ini dilakukan di tiga wilayah yaitu wilayah barat, tengah, dan timur. Untuk wilayah barat sendiri, Rakorluh ini ditujukan kepada Satuan Admininstrasi Pangkalan (Satminkal) perikanan yang merupakan BPP perwakilan dinas yang menangani urusan perikanan kabupaten/kota dan koordinator/penyuluh perikanan yang berasal dari 34 kabupaten/kota dari sepuluh provinsi yang ada di Sumatera yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi,  Bengkulu, dan Lampung.  

Rapat Koordinasi Penyuluhan KP Wilayah Barat Regional Sumatera Tahun 2019 ini dihadiri oleh Kepala Biro Keuangan, Inspektur III, Kepala Biro SDM Aparatur KKP, Kepala BRPPUPP Palembang, Kepala Dinas yang menangani urusan perikanan kabupaten/kota serta yang mewakili provinsi, dan Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Medan.

Dibuka langsung oleh Maman Hermawan, Sekretaris BRSDM KP sekaligus Plt. Kapuslatluh KP, pada Rakorluh KP ini beliau menyampaikan bahwa sebagai ujung tombak dari program-program KKP di masyarakat, penyuluh perikanan harus mampu menjelaskan program dan kegiatan dengan baik kepada pelaku utama atau pelaku usaha di lapangan.

Beliau menambahkan jika penyuluh perikanan juga harus berperan aktif dalam mendiseminasikan inovasi hasil riset dan teknologi kepada pelaku utama dan pelaku usaha perikanan agar mereka mampu menerapkan teknologi perikanan dan kelautan di lokasinya, sekaligus mendorong meningkatnya produktivitas melalui pemanfaatan teknologi melalui nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah ikan, serta petambak garam. Inovasi yang didesiminasikan kepada masyarakat ini ke depannya harus berkembang menjadi desa inovasi dan menjadi model teknologi terekomendasi.

Pada hari kedua Rakorluh KP, Kepala BRSDM KP, Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph. D, FRINA., dalam arahannya mengatakan jika penyuluh perikanan dalam pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan KKP harus memiliki tiga sikap yaitu enlightening (mencerahkan), enrichment (memperkaya), dan empowerment (memberdayakan). (cs)