• Home
  • Sosialisasikan Pengelolaan Benturan Kepentingan (conflict Of Interest/coi) Untuk Membentuk Tenaga Profesional

Sosialisasikan Pengelolaan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest/CoI) untuk Membentuk Tenaga Profesional

Sosialisasi Pengelolaan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest/CoI) digelar di Kantor BRPPUPP Palembang hari ini (18/1). Sosialisasi ini merupakan rangkaian Asistensi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM di BRPPUPP Palembang yang sudah berlangsung sejak Rabu kemarin.

Menghadirkan Tutut Suwarmi, S. Sos., dan Siti Bulkhis, S. Pi., M. PSDM., sosialisasi ini bertujuan agar dapat membentuk tenaga yang profesional, bersih, bebas KKN, efektif, dan efisien. 

Tutut Suwarmi, Sos., selaku pembicara menjelaskan bahwa “Benturan kepentingan adalah kondisi dimana pertimbangan pribadi mempengaruhi dan/atau dapat menyingkirkan profesionalitas seorang pejabat dalam mengemban tugas.” 

Selain itu, beliau juga menjelaskan apa saja jenis-jenis bentuk benturan kepentingan, sepeti misalnya rangkap jabatan. "Jika ada pegawai yang memiliki dua pekerjaan sekaligus, itu juga termasuk benturan kepentingan. Seperti misalnya penyuluh yang berprofesi sebagai guru di suatu sekolah. Lalu profesinya sebagai guru itu menganggu jam kerja utamanya sebagai penyuluh. Itu termasuk pelanggaran." 

Sehubungan dengan hal ini juga dijelaskan bagaimana untuk menangani jika ada benturan kepentingan dan hukuman yang diberikan kepada orang yang melanggar. 

Kepala BRPPUPP Palembang, Dr. Arif Wibowo, S. P., M. Si., menanggapi paparan yang telah disampaikan bahwa, “BRPPUPP bertekad mengimplementasikan apa yang sudah disampaikan.” (cs)