• Home
  • Brppupp Menghadiri Undangan Acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018

BRPPUPP Menghadiri Undangan Acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018

Serpong, 12-14 Desember 2018, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang yang dalam hal ini diwakili oleh Arya Nugraha, Mirna Dwirastina, dan Siswanta Kaban ,menghadiri undangan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018 di Gedung Graha Widya Bhakti Kawasan Puspiptek dan ICE BSD, Tangerang Selatan yang juga juga diikuti oleh 84 lembaga litbang, baik dalam lingkup litbang kementerian, litbang non kementerian,  litbang daerah, dan litbang industry yang telah berkinerja unggul, inovatif, dan berdaya saing.

Agenda pada hari pertama dibuka dengan kegiatan Jambore PUI 2018. Terdapat beberapa lembaga yang yang mengenalkan produk unggulannya dengan membuka stand dan memberikan workshop pemanfaatan produk unggulannya.

Agenda pada hari kedua, Direktur Lembaga Litbang Kemenristekdikti, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng melaporkanbahwa acara Apresiasi Lembaga Litbang dihadiri oleh 137 pusat lembaga yang paling unggul di Indonesia dan telah terdapat 48 lembaga yang telah ditetapkan sebgai pui dan akan diperkirakan akan bertambah menjadi 81. Dari 72 lembaga, terdapat 1562 potensi sinergi yang dikerucutkan akan menghasilkan 48 produk unggulan. Selain itu terdapat 20 lembaga yang telah melakukan hilirisasi produk Indonesia di kancah internasional. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa Kemenrisekdikti akan terus melakukan penguatan kapasitas lembaga dan sinergitas.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek & Dikti, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc memberikan sambutan an menyampaikan bahwa lembaga yang ditetapkan sebagai PUI diharapkan memang lembaga yang layak diberikan apresiasi karena kinerjanya dalam menghasilkan inovasi. Beliau juga menyampaikan bahwa peningkatan inovasi terjadi ketika ada hilirisasi sinergi antar lembaga.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan masterplan lembaga yang baru mendapatkan status dibina oleh PUI, diikuti dengan penyerahan piagam BPPD berkinerja utama, penyerahan Sertifikat Akreditasi Prana Litbang Tahun 2018, pemberian Sertifikat Lembaga Litbang Industri Inovatif Tahun 2018, dan acara silaturahmi antar lembaga PUI.

Pada hari terakhir, membahas mengenai target dan langkah strategis yang perlu dilakukan untuk mencapai di tahun 2018 dan 2019 oleh lembaga litbang. Semua lembaga yang hadir turut berpartisipasi dengan baik dan saling bertukar pikiran untuk bisa saling bersinergi.