Jam layanan: 07:30-15.00 (Senin-Kamis) dan 7:30-15:30 (Jumat)
  • Home
  • Koordinasi Dan Konsultasi Terkait Reorganisasi

KOORDINASI DAN KONSULTASI TERKAIT REORGANISASI

Senin, 20 Februari 2017, bertempat di Jakarta telah dilaksanakan konsultasi dan koordinasi terkait pelaksanaan cut off anggaran dengan ibu Dian Hesty Andayani selaku Kasubbag Tata Kelola Pelaksanaan Anggaran Biro Keuangan Sekjen KKP dan Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Bapak Tri Yuwono Kasubbid Penyusunan Anggaran Eks. Balitbang KP. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mencari informasi terkait pelaksanaan cut off satker balai Penelitian Perikanan Perairan umum sebagai dampak dari reorganisasi eselon I.

Hasil koordinasi menunjukan bahwa terdapat perbedaan pendapat antara biro keuangan dan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan terkait apakah satker/UPT di daerah akan mengalami cut off atau tidak. Narasumber dari biro keuangan KKP ibu Dian Hesty Andayani Kasubbag Tata Kelola Pelaksanaan Anggaran berpendapat bahwa untuk satker/UPT didaerah sepertinya tidak akan mengalami cut off karena satker/UPT didaerah tidak mengalami peleburan atau terlikuidasi sehingga Satker/UPT didaerah tetap eksis, hanya saja akan ada revisi DIPA terkait perubahan kode program dan kegiatan sebagai akibat peleburan ditingkat eselon 1 atau eselon II dan mekanisme revisi DIPA-nya seperti layaknya revisi DIPA nasional yaitu eselon II yang akan mengkoordinir pelaksanaan revisinya.

Sedangkan informasi dari Pak Tri Yuwono Kasubbid Penyusunan Anggaran Eks. Balitbang KP bahwa satker Lingkup eks. Balitbang KP akan mengalami Cut off karena ada perubahan kode program akibat dari peleburan Balitbang KP dengan BPSDMKP. Ketika cut off dimulai maka DIPA anggaran sebelum cut off berisi anggaran yang sudah terealisasi sedangkan DIPA baru akan berisi sisa anggaran yang belum terealisasi. Tanggal persis pelaksanaan cut off akan menunggu instruksi dari eselon 1, selama instruksi belum ada maka pelaksanaan pencairan anggaran masih bisa dioptimalkan.

 

Oleh : Acim Tirtana

Editor : Suwinda Pratama