Jam layanan: 07:30-15.00 (Senin-Kamis) dan 7:30-15:30 (Jumat)
  • Home
  • Pelatihan Histologi Dan Mikrobiologi

PELATIHAN HISTOLOGI DAN MIKROBIOLOGI

Oleh : Tuah Nanda Merlia Wulandari, S.Si dan Muhammad Ali, S.Pi

Editor : Suwinda Pratama

Balai Penelitian Perikanan Perairan Umum (BP3U) merupakan unit pelaksana teknis yang berada dibawah tanggung jawab Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumber daya Ikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Memiliki Laboratorium Pengujian yang melakukan pengujian parameter kualitas air (fisika, kimia dan biologi) serta biologi ikan perairan umum.

Dalam rangka menjalankan dan mengelola kinerja laboratorium yang mengacu pada pedoman SNI ISO/IEC 17025:2008, diperlukan pengelolaan yang baik dan konsistensi untuk menjalankan aktivitas kegiatan secara terus menerus. Lebih lanjut mengacu pada salah satu kebijakan mutu Laboratorium Pengujian BP3U, perlu dilakukan peningkatan kompetensi SDM untuk menjaga profesionalisme staff dalam bentuk pelatihan.

Dalam rangka peningkatan kompetensi, BP3U telah mengirimkan sebanyak dua orang staf Laboratorim Ikan untuk mendapatkan pelatihan selama lima hari di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas II Palembang,. Adalah Tuah Nanda Merlia Wulandari, S.Si dan Muhammad Ali, S.Pi merupakan peneliti di BP3U yang mengikuti pelatihan tersebut, melalui bimbingan Bapak drh. Arief Sulistiyono dan Ibu Ida Ayu N.S Utami, S.St.Pi., M.Si inilah staff Laboratorium BP3U mendapatkan pelatihan histologi dan mikrobiologi yang berlangsung pada tanggal 9 Januari 2017 hingga tanggal 13 Januari 2017. Pelatihan dilakukan dengan cara pembuatan sampel, uji sampel dan pembacaan hasil uji sampel langsung.

Kedepannya diharapkan semua laboratorium BP3U bisa menjadi bagian dari Laboratorium Pengujian yang tersertifikasi KAN. Untuk itu penyesuaian kemampuan dalam melakukan pengujian harus sejalan dengan perkembangan iptek.